PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PESISIR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PESISIR

TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

 

Ahmad Rustam

(ahmad_rustam1988@yahoo.com)

Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP

Universitas Sembilanbelas November Kolaka

 

 

Abstrak

 

Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP secara umum masih tergolong rendah. Masalah ini disebabkan kurangnya pembelajaran yang mengaitkan materi matematika di sekolah dengan masalah kontekstual khususnya konteks pesisir. Untuk itu, perlu adanya pembelajaran yang dapat menyadarkan siswa dalam mengkomunikasikan masalah-masalah pesisir di lingkungannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang disebabkan pengetahuan yang terbatas dalam mengembangkan sumber daya pesisir yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis (KKM) dan disposisi matematis (DM) siswa  melalui penerapan pembelajaran kontekstual pesisir (PKP). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan KKM dan DM siswa yang mendapat PKP memperoleh peningkatan yang secara signifikan lebih tinggi daripada siswa yang mendapat PKV. Peningkatan KKM siswa yang mendapat PKP berada kategori sedang, akan tetapi, DM siswa berada kategori rendah. Berdasarkan analisis terhadap data observasi dan wawancara menunjukkan bahwa PKP dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, disposisi matematis, pembelajaran kontekstual pesisir.

 

About ahmadrustam14

kuliah di Prodi. Matematika. Pps UHO Kendari

Posted on 30/05/2016, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar